Tau gak sih Saat ini toko online semakin banyak berkembang, dan hampir setiap hari orang-orang mulai melirik untuk membuka toko online mereka sendiri. Mengapa demikian?? hal ini disebabkan oleh beberapa faktor antara lain kemudahan dalam bertransaksi, tidak perlu keluar rumah, cukup dengan klik-klik barang langsung sampai didepan rumah, dan tanpa perlu lagi antri dibarisan kasir.

Maka wajar daya beli masyarakat untuk mencoba belanja di toko online mulai ada peningkatan. Bukan hanya itu saja, untuk beberapa toko online kini mereka sudah mulai meningkatkan kualitas produk dan jumlah barang, Sehingga toko mereka sangat lengkap.

Disisi lain, dengan banyaknya jumlah toko online yang semakin bertambah di Indonesia, tentunya customer akan semakin was-was akan adanya pratek penipuan yang mengatas-namakan toko online. Nah sebelum anda terkena jebakan dengan segala tipu daya mereka, Simak tips berikut ini agar kamu bisa bebelanja Online dengan aman plus dapat untung lagi....

1. Pastikan membeli dari website yang terpercaya
Trus bagaimana cara mengetahuinya? Begini. Cobal amati setiap aspek pada menu-menu website tersebut.

Apakah terdapat menu order secara jelas dan terperinci, apakah ada nomer kontak secara lengkap, apakah alamat email sudah sesuai dengan alamat web mereka, apakah mereka memiliki kantor offline? Dan beberapa aspek lainnya yang sebenarnya dapat kamu pelajari apakah toko tersebut valid atau tidak.

Tips ini harus jadi poin utama sebagai rujukan jikalau anda berbelanja online di situs web yang kurang familiar. Cobalah mengecek kebenaran nomor kontak si penjual dengan cara menghubungi.

jika kurang meyakinkan, kunjungi mesin pencari Google kemudian masukkan nama situs web itu. Carilah riview atau testimoni dari konsumen mereka. Selain itu juga coba cek akun social media mereka. Jika ada yang tidak beres, segera tinggalkan saja situs web itu.

2. Cermati Rating penjual
Hal kedua yang perlu anda perhatikan ketika ingin melakukan transaksi online yaitu dengan melihat tingkat rating dan kepuasan pelanggan perusahaan yang bersangkutan. Jika tingkat ratingnya bagus, maka anda bisa melanjutkan transaksinya.

Anda bisa melihat rating penjual tersebut melalui komentar dan rekomendasi dari banyak orang yang telah menggunakan jasa tersebut.

Bisa juga dengan cara melihat review yang ada di internet, dengan cara mengetikkan di Google alamat web perusahaan yang bersangkutan, kemudian lihat bagaimana respon para reviewer atau komentar-komentar mereka, apakah komentar mereka positif ataukah negatif.

Penjual yang kredibel biasanya selalu menampilkan alamat lengkap beserta media-media kontak lain yang dibutuhkan dan selalu siap sedia dimintai bantuan kapan saja. Namun ini saja tidak bisa dijadikan patokan, apakah website tersebut reputasinya terpercaya atau tidak.

Contohnya yaitu toko online di facebook, meskipun pembelinya baru sedikit, namun terbukti penjualnya adalah orang yang terpercaya. maka boleh-boleh saja jika kita ingin melakukan transaksi dengannya.

Jadi jangan hanya melihat reputasinya saja untuk langsung bertransaksi, periksalah aspek-aspek lainnya, seperti rekomendasi dari teman misalnya.

3. Metode / Sistem Pembayaran
Berhati-hatilah jika anda melakukan transaksi online, pastikan hanya men-transfer ke rekening penjual yang anda percayai.

Jika anda mendapatkan info bahwa Pembeli ada dikota yang sama, utamakan transaksi secara langsung (COD / Cash On Delivery) jika memungkinkan, periksa secara menyeluruh barang yang ingin anda beli, tanyakan juga bagaimana dengan garansinya (jika ada) serta Jika tidak memungkinkan untuk COD atau transaksi secara langsung, dapat meminta tolong teman yang satu kota dengan penjual.

Bila terjadi Transaksi antara seller dan buyer pada kota yang berbeda maka bisa disepakati oleh kedua belah pihak untuk menggunakan Rekber (rekening bersama) artinya pembeli mentransfer uangnya ke pengelola Rekening Bersama.

Jika sepaka maka penjual mengirim barang ke pembeli, sehingga ketika barang yang dipesan sampai ke pembeli dan tidak ada masalah, uang akan dikembalikan oleh pengelola Rekening Bersama tadi kepada si penjual.

Begitu juga sebaliknya jika ada masalah, misal barang tidak pernah sampai, maka uang akan dikembalikan ke pembeli.

4. Barang murah/Diskon
Jangan terburu-buru dan mudah jatuh cinta oleh barang dengan harga murah atau diskon besar yang datang dari e-mail, atau Facebook ataupun Twitter. Itu biasanya kerjaan spammer. Mereka pintar merayu. Mereka juga mengirim e-mail yang seolah-olah datang dari perusahaan baik-baik.

Alangkah baiknya, anda mengunjungi situs web perusahaan itu, temukan nomor telepon atau akun chat mereka dan langsung belanja darisana. Jangan via e-mail atau jendela pop-up.

Namun jangan salah, tidak semua orang yang berjualan di Facebook dan sosial media lainnya itu penipu. Anda hanya perlu lebih cermat dan teliti. Saya yakin anda sudah mengetahui mana toko online yang palsu dan toko online yang bener-bener berjualan secara jujur.

5. Lindungi PC / laptop anda
Jika kamu menggunakan komputer PC, minimal kamu harus punya antivirus. Akan lebih baik lagi jika anda punya anti spyware dan firewall. Ingat, peranti lunak keamanan itu harus di-update secara teratur agar PC terlindung dari ancaman terbaru. Dengan cara, atur proses update secara otomatis.

Jika anda menggunakan Apple MacBook, pastikan untuk menggunakan browser terbaru. Dan update secara rutin. Saya merekomendasikan anda untuk menggunakan Google Chrome.

6. Simpanlah bukti transaksi
Simpan semua hal yang berkaitan dengan transaksi anda, termasuk deskripsi produk dan harga, kuitansi digital, dan juga e-mail antara anda dengan penjual. Jikalau kamu menggunakan fasilitas chat online, ambillah screenshot pembicaran anda dengan seller siapa tau suatu saat ada hal-hal yang janggal maka itu bisa dijadikan bukti.

7. Carilah tempat belanja online yang memberikan cashback

Apa bener ya cashback itu ada? Jawabannya yess ada,  Eits... saya yakin inilah poin terakhir yang anda tunggu-tunggu,,, .... satu-satunya website yang memberikan keuntungan ketika anda belanja online yaitu dengan mendaftar di website cashback. Nah sebelum saya tunjukkan, saya akan jelaskan terlebih dahulu.

Pada dasarnya ketika kita belanja di website-website ternama seperti lazada, zalora, tokopedia, bukalapak, maupun pembelian hotel dan tiket online di tiket dot com. Harganya yang ditawarkan akan sama dengan harga ketika kita membeli dengan aplikasi cashback. Ditambah lagi adanya kode voucher yang disediakan situs cashbak maka kita akan mendapatkan keuntungan doble,,, yang pertama belanja dengan diskon, lalu yang kedua plus setelah belanja anda akan mendapatkan cashback yang langsung masuk di akun anda.

Nah penasaran?????

Satu lagi yang perlu diperhatikan saat anda mendaftar di link dibawah ini, yaitu anda akan mendapatkan bonus 20.000. Ayo tunggu apa lagi klik link dibawah ini...

CashBack





Incoming Search:
tips belanja online murah, tips belanja online aman, agar tidak kena tipu, tips belanja online bagi pemula, tips belanja elektronik online,

0 comments:

Post a Comment

 
Top