Contoh skripsi manajemen keuangan ini semoga bisa menambah referensi untuk anda.

File ini bisa anda dapatkan dalam format dokumen ms. word sehingga akan memudahkan anda untuk mengedit, anda juga bisa mengubahnya dalam format pdf, dan format lainnya.

Silahkan cek link download dibagian bawah...
Berikut ini judul skripsi menagement keuangan ini:



ANALISIS PENGARUH RASIO
LIKUIDITAS, LEVERAGE, AKTIVITAS,
DAN PROFITABILITAS TERHADAP RETURN SAHAM
PADA PERUSAHAAN YANG LISTING DI BEI

                                                           (Skripsi)         
Oleh

Yoana Sukmanegara


FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS LAMPUNG
BANDAR LAMPUNG
2012

ABSTRAK

Analisis Pengaruh Rasio Likuiditas, Leverage, Aktivitas, dan Profitabilitas Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Yang Listing Di BEI

Oleh :

Yoana Sukmanegara

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara rasio likuiditas, leverage, aktivitas, dan profitabilitas terhadap return saham.


Dalam penelitian ini sampel yang digunakan adalah seluruh perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) 2005-2009. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 10 perusahaan. Sampel diambil dengan menggunakan metode purposive sampling. Model analisis yang digunakan adalah model analisis regresi linear berganda yang dilakukan dengan bantuan program komputer SPSS versi 17 for windows.


Berdasarkan hasil pengujian secara bersama-sama diperoleh hasil bahwa variabel independen yaitu current ratio (CR), debt to  equity ratio (DER), total asset turn over (TATO), dan return on invesment  (ROI) berpengaruh terhadap return  dengan tingkat signifikansi 0.046. Secara individual CR berpengaruh terhadap return dengan tingkat signifikansi 0.038 , DER tidak berpengaruh terhadap return  tingkat signifikansi 0,114, TATO tidak berpengaruh terhadap  return  tingkat signifikansi 0,126, serta ROI berpengaruh terhadap return  dengan tingkat sinifikansi 0,043 dengan signifikansi alpha yang telah ditetapkan yaitu sebesar 5%.

Kata kunci : CR, DER, TATO, ROI, RETURN












BAB I
PENDAHULUAN


1.1.       Latar belakang

Dalam melakukan pengembangan usaha, suatu perusahaan memerlukan  suatu investasi. Investasi secara umum dapat diartikan sebagai kegiatan menempatkan dana atau modal untuk hal tertentu dengan harapan mendapatkan keuntungan baik dalam jangka waktu yang singkat maupun jangka waktu yang panjang. Perkembangan pasar modal di Indonesia menunjukkan sebuah indikasi bahwa disamping perbankan, pasar modal sudah menjadi alternatif sebuah investasi bagi pemilik modal atau investor.

Dalam berinvestasi banyak faktor yang menjadikan dasar pemikiran untuk mengambil keputusan, apakah akan berinvestasi atau tidak dan seberapa besar dana yang akan diinvestasikan pada perusahaan tersebut sehingga calon investor mau melakukan berbagai cara agar dana yang diinvestasikan tersebut memiliki return yang maksimal. Untuk menanamkan modalnya, seseorang harus benar-benar mempelajari maupun mengetahui berbagai hal mengenai kondisi perusahaan sebelum menentukan investasinya.
Menurut Harahap (2004), kegiatan analisis laporan keuangan merupakan salah satu media untuk mendapatkan informasi yang lebih banyak, lebih baik, akurat dan dijadikan sebagai bahan dalam proses pengambilan keputusan.

Laporan keuangan merupakan media yang paling penting untuk menilai prestasi dan kondisi ekonomis suatu perusahaan, laporan keuangan inilah yang menjadi bahan sarana informasi (screen) bagi analisis dalam proses pengambilan keputusan. Laporan keuangan dapat mengambarkan prosisi keuangan perusahaan, hasil usaha perusahaan dalam suatu periode, dan arus dana (kas) perusahaan dalam periode tertentu (Harahap, 2004).

Salah satu teknik analisis laporan keuangan adalah analisis rasio. Rasio keuangan adalah angka yang diperoleh dari hasil perbandingan dari satu pos laporan keuangan dengan pos lainnya yang mempunyai hubungan yang relevan dan signifikan.

Salah satu tujuan dan keunggulan dari rasio adalah dapat digunakan untuk
membandingkan hubungan return dan risiko dari perusahaan dengan ukuran yang berbeda. Rasio juga dapat menunjukkan profil suatu perusahaan, karakteristik ekonomi, strategi bersaing dan keunikan karakteristik operasi, keuangan dan investasi.

Tingkat keuntungan (return) merupakan rasio antara pendapatan investasi selama beberapa periode dengan jumlah dana yang diinvestasikan. Pada umumnya investor mengharapkan kentungan yang tinggi dengan resiko kerugian yang sekecil mungkin, sehingga para investor berusaha menentukan tingkat keuntungan investasi yang optimal dengan menentukan konsep investasi yang memadai. Konsep ini penting karena tingkat keuntungan yang diharapkan dapat diukur. Dalam hal ini tingkat keuntungan dihitung berdasarkan selisih antara capital gain dan capital loss. Rata-rata return saham biasanya dihitung dengan mengurangkan harga saham periode tertentu dengan harga saham periode sebelumnya dibagi dengan harga saham sebelumnya.

Dari semua metode-metode analisa laporan keuangan diatas memiliki tujuan yang sama yaitu untuk memperoleh gambaran kinerja perusahaan yang akan digunakan oleh para calon investor atau investor dalam mengambil keputusan berinvestasi atau tidak dengan tujuan akan memperoleh return yang tinggi.

Penelitian mengenai kegunaan informasi akuntasi (informasi keuangan) dalam hubungannya dengan return dan harga saham di bursa efek Indonesia telah banyak dilakukan antara lain oleh Rosyadi (2002), yang mengadakan penelitian terhadap 25 perusahaan sampel perusahaan go public yang telah terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 1993-1994 dengan menggunakan empat rasio keuangan sebagai variabel independen. Rasio keuangannya adalah earning per share (EPS), return on assets (ROA), debt to equity rasio dan net profit margin. Hasil penelitiannya adalah bahwa secara simultan rasio keuangan tersebut mempunyai pengaruh positif terhadap perubahan harga saham.
Sudarto, et all (2003), dalam penelitianya mengenai hubungan faktor fundamental dan teknikal terhadap harga saham, mereka menggunakan perusahaan rokok, makanan dan minuman sebagi sampelnya. Dalam penelitiannya tersebut disimpulkan bahwa didalam faktor fundamental yaitu return on assets memiliki pengaruh yang positif dan signifikan serta yang paling berpengaruh terhadap harga saham. Asyik (1999) menemukan bahwa rasio neraca dan laba rugi memiliki hubungan yang lebih kuat dengan return saham dibandingkan dengan rasio arus kas. Maulana (2009) yang melakukan penelitian terhadap perusahaan manufaktur dengan menggunakan beberapa variabel bebas yaitu current ratio, acid test ratio, debt to equity, total asset turn over, ROI, inventory turn over dan ROA terhadap return saham (variabel terikat). Hasilnya adalah bahwa variabel-variabel bebas tersebut berpengaruh positif terhadap variabel terikat.

Penelitian ini merupakan replikasi penelitian yang dilakukan oleh IG. K. A. ULUPUI (2006) yang berjudul “Analisis Pengaruh Rasio Likuiditas, Leverage, Aktivitas, dan Profitabilitas Terhadap Return Saham (Studi Pada Perusahaan Makanan Dan Minuman Dengan Kategori Industri Barang Konsumsi Di BEJ) ”. Penelitian tersebut dilakukan terhadap perusahaan- perusahaan yang bergerak pada sektor makan dan minuman sebanyak 13 perusahaan. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa rasio likuiditas, rasio profitabilitas dan rasio leverage berpengaruh positif dan signifikan terhadap return saham sedangkan rasio aktivitas menunjukan pengaruh  yang negatif dan tidak signifikan terhadap return saham.

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kinerja keuangan perusahaan yang diukur dengan rasio likuiditas, rasio leverage, rasio profitabilitas dan rasio aktivitas terhadap return saham pada perusahaan di Bursa Efek Indonesia. Dengan berdasarkan pada latar belakang tersebut dan menyadari perlunya analisis kinerja keuangan suatu perusahaan maka penelitian ini mengambil judul yaitu: “Analisis Pengaruh Rasio Likuiditas, Leverage, Aktivitas, dan Profitabilitas Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Yang Listing Di BEI”

1.2.       Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang permasalahan diatas, maka yang menjadi rumusan masalah dari penelitian ini adalah : “ Apakah terdapat pengaruh antara rasio likuiditas, leverage, aktivitas, dan profitabilitas terhadap return saham Pada perusahaan yang listing di bursa efek indonesia.

1.3.       Tujuan Penelitian

Berdasarkan uraian dalam latar belakang  dan masalah, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara rasio likuiditas, leverage, aktivitas, dan profitabilitas terhadap return saham, sehingga dapat digunakan oleh para calon investor sebagai acuan untuk melakukan kegiatan investasi dalam rangka memperoleh tingkat pengembalian saham yang diharapkan, dan tujuan dari penelitian ini juga untuk mengetahui apakah sebuah perusahaan memiliki kinerja yang baik atau tidak untuk dijadikan tempat melakukan investasi.

1.4.       Manfaat Penelitian

Hasil Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat kepada beberapa pihak, antara lain :
  1. Sebagai masukan dan pertimbangan bagi investor dan calon investor dalam melakukan investasi pada perusahaan yang diinginkan.
  2. Sebagai masukan dan pertimbangan bagi perusahaan dalam mengambil keputusan strategis yang berhubungan dengan keuangan khususnya dalam mengoptimalkan dana yang diinvestasikan oleh investor sehingga dapat memberikan return yang maksimal.
  3. Sebagai sumbangan bagi dunia pendidikan terutama sebagai bahan dalam penelitian selanjutnya mengenai analisis kinerja perusahaan .

1.5.       Batasan Masalah

Untuk memusatkan penelitian pada pokok permasalahan diatas, maka permasalahan dibatasi pada :
a.       Objek penelitian adalah perusahaan  yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang menyajikan laporan keuangan secara lengkap dari tahun 2005-2009.
b.      Penelitian dilakukan dengan menggunakan data sekunder yaitu berupa laporan keuangan perusahaan, daftar harga saham.
c.       Kinerja keuangan perusahaan dalam penelitian ini diukur dengan rasio likuiditas, leverage, aktivitas, dan profitabilitas.































BAB II
LADASAN TEORI


2.1 Investasi

Pada umumnya investasi merupakan suatu kegiatan menempatkan sejumlah dana selama periode tertentu dengan harapan dapat memperoleh keuntungan dan atau peningkatan nilai investasi di masa yang akan datang. Kegiatan penanaman modal atau investasi tersebut dapat dilakukan oleh perorangan atau lembaga (baik itu dalam jangka pendek ataupun jangka panjang) yang mempunyai kelebihan dana. Orang atau pihak yang menanamkan dananya inilah yang disebut sebagai investor.

Menurut Indriyo Gitosudarmo (2002), investasi merupakan pengeluaran pada saat ini dimana hasil yang diharapkan dari pengeluaran itu baru akan diterima di waktu mendatang.

Investasi dapat digunakan oleh perusahaan untuk pertumbuhan kekayaannya melalui distribusi hasil investasi, untuk  apresiasi nilai investasi atau untuk manfaat lain bagi perusahaan yang berinvestasi, seperti manfaat yang diperoleh melalui hubungan dagang. (Simamora, 2000).

Untuk mendownload lengkap contoh skripsi ini silahkan pilih link dibawah ini:

Silahkan tinggalkan komentar jika link ada yang bermasalah!


1 comments:

  1. √ Contoh Skripsi Manajemen Keuangan Analisa Pengaruh Rasio Likuiditas - Bisnis Online Ala Mahasiswa >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    √ Contoh Skripsi Manajemen Keuangan Analisa Pengaruh Rasio Likuiditas - Bisnis Online Ala Mahasiswa >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    √ Contoh Skripsi Manajemen Keuangan Analisa Pengaruh Rasio Likuiditas - Bisnis Online Ala Mahasiswa >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK 0z

    ReplyDelete

 
Top