Berikut ini adalah Contoh Penulisan Jurnal Skripsi Yang Baik, Bagaimana format dan tata cara penulisan, simak caranya...

Anda bisa mendownload file format contoh jurnal skripsi ini dalam format dokumen ms. word pada bagian bawah, setelah mendownloadnya anda bisa mengubah file tersebut kedalam format yang anda inginkan, seperti pdf atau sejenisnya.

loading...


Jurnal Skripsi* (Times New Roman 24)
Sub judul sesuai kebutuhan (Time new Roman 14 : Bold)

1Mahasiswa, 2Dosen Pembimbing 1, 3Dosen Pembimbing 2
Institut Teknologi Nasional, Kota, Negara
1e-mail, 2e-mail, 3e-mail



Abstrak— bagian ini berisi tentang rangkuman keseluruhan isi makalah terkait judul, isi, analisa dan kesimpulan. Abstrak terdiri dari 150 – 200 kata.  *PENTING:  Jangan Gunakan Simbol, Karakter Khusus, atau Matematika dalam Judul Makalah atau Abstrak. (Times New Roman :Bold, 9)
Kata Kunci—komponen; (Times New Roman : Bold & Italic, 9)
I. PENDAHULUAN (HEADING 1)
Isi makalah menggunakan template MS Word 2007 dengan format standar. Jarak antar baris adalaha satu spasi. Sedangkan kertas yang digunakan adalah kertas A4 80 gram, sistem pengetikan menggunakan dua kolom dengan batas sebagai berikut : Batas atas 1,9 cm, Batas kiri 1,29 cm, batas kanan 1,29 cm dan batas bawah 4,19 cm. Halaman menggunakan pola “mirror margins” di print bolak balik dan diberi nomor halaman menggunakan angka standart 1, 2, 3 dan seterusnya. Jurnal skripsi maksimum berisi 10 halaman.
Pada bagian pendahuluan mencakup rumusan masalah dan tujuan penelitian yang dilakukan. Namun batasan masalah tidak perlu dituliskan pada bagian ini.

II. METODOLOGI
A. Memilih Sebuah Pola (Heading 2)
Pada tinjauan pustaka dapat berisi sub bab dari metodologi yang digunakan. Jelaskan secara detail dan singkat apa yang dikerjakan pada penelitian ini. Penulisan heading menggunakan huruf. Penambahan sub heading dapat menggunakan angka dibelakang huruf. Namun diperkenankan hanya satu angka saja dibelakang huruf heading. Pada bagian isi dari penelitian menggunakan Times New Roman : 10.

B. Mempertahankan Integritas Spesifikasi
Pola yang digunakan untuk format penelitian ini sudah sesuai standart. Sehingga tidak diperkenankan untuk mengubah dari standart yang sudah ditentukan. Isi bagian ini merupakan satu bagian dari keseluruhan proses, dan bukan sebagai dokumen independen.

III. SIAPKAN KERTAS ANDA SEBELUM MEMBERI GAYA / POLA
Identitas sponsor apabila ada
Sebelum mulai memformat pada template makalah anda, tulis dulu dan simpan isinya pada file terpisah. Simpan file teks dan grafis Anda tetap terpisah sampai format  telah diformat dan ditata sehingga siap digunakan. Jangan menggunakan tab untuk menggeser penempatan kata atau kalimat.
Pada akhirnya, setelah isi lengkap dan telah diedit, susun pada template yang sudah diformat. Harap perhatikan item berikut saat mengoreksi ejaan dan tata bahasa:

A. Singkatan dan Akronim
Tentukan singkatan dan akronim pada saat pertama kali digunakan dalam teks. Singkatan seperti IEEE, SI, MKS, CGS, sc, dc, dan rms tidak harus didefinisikan. Jangan gunakan singkatan dalam judul atau heading kecuali jika tidak dapat dihindari.

B. Unit
Gunakan SI (MKS) atau CGS sebagai unit utama. (Unit SI dianjurkan.) Unit bahasa Inggris dapat digunakan sebagai unit sekunder (dalam tanda kurung). Pengecualian adalah penggunaan unit bahasa Inggris sebagai pengenal dalam perdagangan, seperti “disk drive 3,5 inci.”
Hindari menggabungkan unit SI dan CGS, seperti arus di ampere dan medan magnet di oersteds. Hal ini sering menimbulkan kebingungan karena persamaan tidak menyeimbangkan dimensi. Jika Anda harus menggunakan unit campuran, jelaskan unit untuk setiap kuantitas yang Anda gunakan dalam sebuah persamaan.
Jangan mencampur ejaan dan singkatan lengkap dari unit atau satuan. Misal: “Wb/m2” atau “weber per meter persegi,” bukan “webers/m2.” Jelaskan ejaan ketika muncul dalam teks, misal: “...dalam henries,” bukan “...dalam H.”
Gunakan nol dan titik sebelum angka desimal: “0.25,” bukan “.25.” Gunakan “cm3,” bukan “cm3.”

C. Persamaan
Persamaannya merupakan  pengecualian spesifikasi yang ditentukan dari template ini. Anda perlu menentukan apakah harus diketik dengan menggunakan font Times New Roman atau Symbol (tolong tidak ada font lain). Untuk membuat persamaan bertingkat, mungkin perlu untuk membuat persamaan pada file lain dan memasukkannya ke template setelah siap.
Persamaan bilangan berurutan. Persamaan angka, dalam kurung, adalah untuk posisi flush right, seperti pada (1), menggunakan tab kanan berhenti. Untuk membuat persamaan Anda lebih rapi, Anda bisa menggunakan solidus (/), fungsi exp, atau eksponen yang sesuai. Miringkan simbol Romawi untuk jumlah dan variabel, tapi bukan simbol Yunani. Gunakan garis panjang dan bukan tanda hubung untuk tanda minus. Sebutkan persamaan dengan koma atau periode saat kalimat tersebut merupakan bagian dari kalimat, seperti pada
ab 
Perhatikan bahwa persamaan diletakkan ditengah. Pastikan simbol dalam persamaan Anda telah didefinisikan sebelumnya atau segera mengikuti persamaan. Gunakan “(1),” bukan “Eq. (1)” atau “persamaan (1),” kecuali pada awal kalimat: “Persamaan (1) adalah ...”

D. Beberapa Kesalahan Umum
Kata “data” adalah jamak, tidak tunggal.
Subskrip untuk permeabilitas vakum 0, dan konstanta ilmiah umum lainnya, nol dengan format subskrip, bukan huruf kecil “o.”
Dalam bahasa Inggris Amerika, koma, semi- / titik dua, titik, tanda tanya dan tanda terletak di dalam tanda petik hanya jika ada pemikiran atau menuliskan nama yang lengkap, seperti judul atau kutipan penuh. Saat tanda petik digunakan, bukan untuk jenis huruf tebal atau miring yang menyorot kata atau frasa. Tanda baca diletakkan di luar tanda petik. Ungkapan atau pernyataan orang tua di akhir kalimat
Grafik termasuk dalam gambar. Bukan ditulis sebagai grafik.
Jangan gunakan kata “intinya” untuk berarti “kira-kira” atau “efektif.”
Dalam judul makalah Anda, hindari menggunakan kata "yang menggunakan" gantilah dengan kata yang tepat dan ditulis menggunakan huruf capital, Jika tidak, tetap gunakan huruf kecil.
Hati-hati menggunakan kata “mempengaruhi”, “efek”, “pelengkap” “diskrit” “prinsipal” dan “prinsip.”
Jangan menggunakan kata-kata yang membingungkan seperti “menyiratkan” dan “menyimpulkan.”
Awalan “non” bukan kata; harus digabungkan dengan kata dan tanpa tanda hubung.
Referensi penulisan ini mengikuti model penulisan sains [7].

IV. MENGGUNAKAN TEMPLATE
Setelah persiapan isi teks selesai diedit, dan makalah siap dengan template yang telah ditentukan,  Simpan file template dengan menggunakan perintah Save As, dan beri nama file. Setelah siap import isi teks anda ke dalam format template yang sudah siap. Gunakan scroll down window di sebelah kiri toolbar MS Word Formatting.

A. Penulis dan Afiliasi
Afiliasi penulis tidak perlu diulang untuk afiliasi yang sama. Gunakan afiliasi sesingkat mungkin. (misalnya, jangan membedakan antar departemen dari organisasi yang sama). Template ini dirancang untuk dua afiliasi.
1) Untuk penulis dengan satu afiliasi: Untuk mengubah default, sesuaikan template sebagai berikut.
a) Highlight semua nama dan afiliasi
b) Ubah jumlah kolom: Pilih ikon Kolom dari toolbar standar MS Word dan pilih "1 Kolom" dari palet pilihan.
c) Penghapusan: Hapus baris penulis dan afiliasi untuk afiliasi kedua.
2) Untuk penulis lebih dari dua afiliasi: Untuk mengubah default, sesuaikan template sebagai berikut.
a) Highlight semua nama dan afiliasi
b) Ubah jumlah kolom: Pilih ikon “Kolom” dari toolbar Standar MS Word dan pilih “1 Kolom” dari palet pilihan.
c) Highlight penulis dan afiliasi afiliasi 1 dan salin pilihan ini.
d) Memformat: Sisipkan satu hard return segera setelah karakter terakhir dari baris afiliasi terakhir. Kemudian tempel salinan afiliasi 1. Ulangi seperlunya untuk setiap afiliasi tambahan.
e) Jika Anda memiliki jumlah afiliasi yang ganjil, afiliasi terakhir akan dipusatkan di halaman; Semua akan berada dalam dua kolom.

B. Identifikasi Heading
Pada makalah ini, penulisan heading harap diperhatikan ditulis menggunakan angka romawi. Contohnya termasuk UCAPAN TERIMA KASIH dan REFERENSI, berada pada “Heading 5.” Gunakan “keterangan gambar” untuk caption gambar Anda, dan “table head” untuk judul tabel Anda. Run-in heads, seperti penulisan"Abstract," dengan penulisan miring.
Kepala teks mewakili judul bab dan topik berdasarkan relasional dan hierarkis. Misalnya, jika judul makalah disebut sebagai kepala teks utama karena semua materi berhubungan dan diuraikan dalam topik yang satu ini. Namun, jika ada dua atau lebih sub-topik, maka penulisan selanjutnya menggunakan  huruf besar angka Romawi. Apabila ada sub topik yang harus ditambahkan, maka dipergunakan huruf dengan styles “Heading 1,” “Heading 2,” “Heading 3,” dan “Heading 4” dianjurkan.

C. Angka dan Tabel
1) Tabel dan angka: Tempatkan nomor tabel dan judul pada bagian atas tabel. Judul tabel harus muncul di atas tabel. Hindari menempatkan judul tabel dan angka di tengah kolom. Angka dan tabel besar bisa terbentang di kedua kolom. Beri keterangan dibawah tabel sumber data dari tabel yang ditampilkan.
2) Gambar dan angka:   Nomor dan judul gambar harus di bawah gambar. Gunakan penulisan "Gambar. 1, " di awal sebuah kalimat.
TABEL I. PENULISAN TABEL
Table Head Table Column Head
Table column subhead Subhead Subhead
copy More table copya
a. Contoh catatan kaki tabel. (Catatan Kaki Tabel)
Gambar 1. Contoh keterangan gambar. (keterangan gambar)
Judul Gambar: Gunakan Times New Roman :8 untuk judul gambar.
1. Gunakan kata-kata dan bukan simbol atau singkatan saat menulis judul gambar agar tidak membingungkan. Sebagai contoh, tulislah jumlah “Magnetization,” atau “Magnetization, M,” bukan hanya “M.”
2. Jika menyertakan unit dalam judul gambar, tunjukkan dalam tanda kurung. Jangan memberi judul gambar hanya dengan unit. Contohnya, tulis “Magnetization (A/m)” atau “Magnetization (A ( m(1)),” bukan hanya “A/m.”
3. Jangan memberi judul gambar dengan rasio jumlah dan satuan. Misalnya, tulis “Temperature (K),” bukan “Temperature/K.”

V. KATA PENGANTAR (Heading 5)
Ucapan terima kasih dapat dituliskan pada bagian ini. Sedangkan sponsor utama dari penelitian dapat dituliskan pada catatan kaki pada halaman pertama.
VI. REFERENSI
Template akan memberi nomor kutipan secara berurutan dalam kurung [1]. Tanda baca kalimat mengikuti tanda kurung [2]. Merujuk pada referensi hanya ke nomor referensi, tanpa ada kata-kata  seperti pada [3] - jangan gunakan “Ref. [3]” atau “referensi [3]” kecuali pada awal kalimat:" Referensi [3] adalah yang pertama ...”
Nomor catatan kaki secara terpisah dalam superscripts. Tempatkan catatan kaki yang sebenarnya di bagian bawah kolom di mana ia dikutip. Jangan menaruh catatan kaki dalam daftar referensi. Gunakan huruf untuk catatan kaki tabel.
Kecuali ada enam penulis atau lebih yang memberikan semua nama pengarang; Jangan gunakan “dll.”. Makalah yang belum dipublikasikan, bahkan jika diajukan untuk publikasi, harus disebut sebagai “unpublished” [4]. Makalah yang telah diterima untuk publikasi harus disebut sebagai “in press” [5]. Huruf besar hanya kata pertama dalam judul, kecuali kata benda dan elemen simbol yang benar.
Untuk makalah yang diterbitkan dalam jurnal terjemahan, tolong berikan kutipan bahasa Inggris terlebih dahulu, diikuti dengan kutipan bahasa asing asli [6].

[1] G. Eason, B. Noble, and I.N. Sneddon, “On certain integrals of Lipschitz-Hankel type involving products of Bessel functions,” Phil. Trans. Roy. Soc. London, vol. A247, pp. 529-551, April 1955. (references)
[2] J. Clerk Maxwell, A Treatise on Electricity and Magnetism, 3rd ed., vol. 2. Oxford: Clarendon, 1892, pp.68-73.
[3] I.S. Jacobs and C.P. Bean, “Fine particles, thin films and exchange anisotropy,” in Magnetism, vol. III, G.T. Rado and H. Suhl, Eds. New York: Academic, 1963, pp. 271-350.
[4] K. Elissa, “Title of paper if known,” unpublished.
[5] R. Nicole, “Title of paper with only first word capitalized,” J. Name Stand. Abbrev., in press.
[6] Y. Yorozu, M. Hirano, K. Oka, and Y. Tagawa, “Electron spectroscopy studies on magneto-optical media and plastic substrate interface,” IEEE Transl. J. Magn. Japan, vol. 2, pp. 740-741, August 1987 [Digests 9th Annual Conf. Magnetics Japan, p. 301, 1982].
[7] M. Young, The Technical Writer’s Handbook. Mill Valley, CA: University Science, 1989.

VII. BIODATA PENULIS

Biodata disusun dalam bentuk alinea, menceritakan riwayat pendidikan penulis, tempat tanggal lahir, alamat email serta keahlian yang dikuasai. Beri foto resmi pada biodata.
Email penulis.

Download file format dalam bentuk doc sehingga anda lebih mudah dalam mengedit dan mencetaknya...

1. Link download
2. Link download
3. Link download


0 comments:

Post a Comment

 
Top